Nasehat dari Warren-Buffet-Orang Terkaya Ketiga di Dunia (INFO)



Sedikit biodata tentang Warren-Buffet, lahir pada 30 Agustus 1930, Warren telah memiliki saham perdananya ketika umurnya 11 tahun. Ketika itu dia membeli saham perdananya seharga 38US$ dan menjualnya kembali ketika harganya 200US$. Bahkan ketika umurnya menginjak 14 tahun, Buffet telah memiliki tanah pertanian seluas 40 are dan bahkan dari tanah tersebut dia telah mampu mengembangkannya dan mendapatkan uang dari hasil sewanya. Salah satu investasi yang sukses dia kembangkan adalah ketika memutuskan untuk berinvestasi pada Berkshire Hathaway yang pada awalnya adalah pabrik tekstil dan Buffet menggunakan modal dari Berkshire untuk berinvestasi di tempat lain yaitu salah satunya adalah perusahaan asuransi.

Berikut ini adalah nasihat dari Buffet ketika dia diwawancarai oleh CNBC

Quote:
  • Anjurkan anak anda untuk berinvestasi seperti yang sudah saya ceritakan di atas, Buffet membeli saham perdananya ketika umurnya baru 11 tahun dan kemudian menjualnya kembali dengan peningkatan yang drastis. Bahkan dia menyesal karena baru membeli saham ketika umurnya 11 tahun. (mau semuda apa lagi nih?) 
  • Dorong anak anda untuk memulai bisnis seperti yang telah saya ceritakan sebelumnya, dia bahkan membeli tanah ketika umurnya 14 tahun dengan uang tabungan yang didapatinya dari hasil mengirimkan surat kabar.
  • Berhematlah dan jangan membeli apa yang tidak dibutuhkan, dan dorong anak anda untuk berbuat demikian Buffet berkata bahwa ia memiliki segala yang dibutuhkannyanya di dalam rumahnya meskipun rumah itu tidak ada pagarnya. Buffet juga masih hidup di sebuah rumah dengan 3 kamar berukuran kecil di pusat kota Ohama yang ia beli 50 tahun yang lalu. Salah satu hidup sederhana dari Buffet yang perlu ditiru adalah dia tidak pernah berpergian dengan jet pribadi walaupun dia memiliki perusahaan jet terbesar di dunia. Pelitkah dia? tidak, dia adalah salah satu penyumbang terbesar di Bill and Melinda Gate foundation dengan uang donasi sebesar 30 Milyar US$. 
  • Jangan pamer, jadilah apa adanya dan diri sendiri, serta nikmati apa yang kamu lakukan Dia selalu mengemudikan mobilnya sendiri jika hendak berpergian dan dia tidak mempunya seorang supir dan keamanan pribadi. Di samping itu dia juga tidak banyak bersosialisasi dengan masyarakat kalangan atas, waktu luangnya lebih banyak dihabiskan di rumah dengan menonton televisi sambil makanpopcorn.
  • Tugaskan pekerjaan pada orang yang tepat dan buat tujuan yang jelas serta yakinkan mereka untuk fokus ke tujuan Sepanjang tahun dia hanya menuliskan sepucuk surat untuk para CEO perusahaannya dan menyampaikan target yang harus dicapai. Buffet juga tidak pernah mengadakan rapat atau menelpon para CEO dengan reguler. Dia hanya memberikan 2 peraturan kepada CEO-nya, yang pertama adalah Jangan pernah menghabiskan uang para pemilik saham dan yang kedua adalah Jangan pernah melupakan peraturan nomor satu.
Selain nasihat di atas, Buffet juga memberikan beberapa nasihat yang berguna untuk orang-orang yang masih muda. Berikut adalah wangsit dari om Buffet:

Quote:
  • Hindarilah kartu kredit dan berinvestasilah untuk diri anda sendiri. Ingatlah uang tidak menciptakan orang tetapi oranglah yang menciptakan uang.
  • Jangan lakukan apa yang orang lain katakan, dengarkanlah mereka, namun lakukan apa yang menurut anda baik. Biar bagaimanapun orang lain tidak dapat mengatur hidup anda sendiri. Andalah yang mengendalikan hidup anda sepenuhnya.
  • Hiduplah dengan sederhana. Jangan memaksakan diri anda untuk membeli barang-barang yang bermerk, pakailah apa yang sekiranya nyaman bagi anda. Serta janganlah memboroskan uang untuk hal-hal yang tidak diperlukan, gunakan uang anda untuk membantu mereka yang kekurangan.
Dari tulisan di atas dapat disimpulkan bahwa Buffet kaya tetapi tetap hidup dalam kesederhanaan dan suka berbagi kepada mereka yang mengalami kekurangan. Jika dilihat kembali, hal yang sama juga terjadi pada Carlos Slim Helu yang tetap hidup pada kesederhanaan. Semoga dapat menginspirasi anda.
Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar