Mengenal Sejarah Sistem Operasi Mobile Symbian (INFO)

Kali ini saya akan membahas tentang sistem operasi mobile bernama Symbian. Nah, Symbian ini adalah sistem operasi pada ponsel pintar yang dibuat oleh Nokia dan sistem operasi ini bersifat terbuka hanya untuk para pengembang. Artinya, sistem operasi ini tidaklah seperti Linux yang 100% open source (kode-kode sistem operasinya tersebar secara gratis untuk semua orang).
Wajar si, sepertinya tidak ada satupun perusahaan ponsel untuk saat ini secara cuma-cuma rela memberikan kode sumbernya kepada khalayak ramai. Sayapun penasaran dengan sejarah daripada Symbian ini. Jadi, bagi yang juga penasaran bisa ikut membaca artikel ini



Bentuk kategori ini mirip dengan kategori Symbian Opsional adalah kumpulan API yang tidak terikat dengan API umum yang ada pada versi Symbian OS dan dapat ditambahkan oleh pihak pengembang dengan suatu lisensi dari pihak Symbian.


Symbian adalah sebuah sistem operasi dan platform software yang didesain untuk ponsel pintar dan saat ini diawasi oleh Nokia. Platform Symbian adalah suksesor daripada Symbian OS dan Nokia Seri 60 yang sebelumnya sudah pernah beredar di pasaran; Tidak seperti Symbian OS, yang membutuhkan beberapa sistem antarmuka pengguna, Symbian menyertakan sebuah komponen antarmuka pengguna berdasarkan S60 5th Edition. Versi terakhirnya yaitu Symbian^3 sudah secara resmi dirilis pada kuartal 4 tahun 2010 lalu, pertama kali digunakan pada ponsel Nokia N8.




Symbian OS aslinya dikembangkan oleh Symbian Ltd.. Ini merupakan keturunan dari EPOC dari Psion dan berjalan secara eksklusif di prosesor ARM, walaupun telah ada x86 port yang belum dirilis resmi ke publik. Device berbasis Symbian telah mencakup 29.2% pangsa pasar ponsel pintar dunia pada kuartal pertama tahun 2011. Beberapa perkiraan mengindikasikan bahwa jumlah kumulatif dari ponsel-ponsel yang dipaketkan dengan Symbian OS ini hingga akhir kuartal 2 tahun 2010 lalu berjumlah 385 juta. Hingga 5 April 2011, Nokia merilis Symbian di bawah lisensi baru dan dikonversikan ke model sumber kepemilikan yang dibagikan, berlawanan dari proyek kode sumber terbuka atau open source.

Sejarah
Pada tahun 1980, berdiri perusahaan pengembang software Psion yang didirikan oleh David Potter. Produk dari perusahaan itu diberi nama EPOC. Sistem operasi ini lebih difokuskan pada penggunaannya di telepon bergerak. Pada tahun 1998, terjadi sebuah kerjasama antara perusahaan Sony Ericsson, Nokia, Motorola dan Psion untuk mengeksplorasi lebih jauh kekonvergensian antara PDA dan telepon selular yang diberi nama Symbian. Pada tahun 2004 Psion menjual sahamnya dan hasil kerjasama ini menghasilkan EPOC Release 5 yang kemudian dikenal dengan nama Symbian OS v5. Sistem operasi dari Symbian OS v5 itu sudah mulai mengintegrasikan kebutuhan implementasi aplikasi pada perangkat seperti PDA selain telepon seluler.

Kemudian muncul perangkat yang dinamakan smartphone dan muncullah pula versi-versi terbaru dari Symbian OS hingga ada yang disebut dengan Symbian v6.0 atau yang lebih terkenal dengan nama ER6 yang merupakan versi pertama dari Symbian OS. Sifatnya terbuka karena pada sistem ini dapat dilakukan instalasi perangkat lunak oleh berbagai pengembang aplikasi. Pada awal tahun 2005, muncul Symbian OS v9.1 dengan sistem keamanan platform baru yang dikenal sebagai capability-based security. Sistem keamanan ini mengatur hak akses bagi aplikasi yang akan diinstal pada peralatan dalam hal mengakses API.

Muncul pula yang disebut dengan Symbian OS v9.2 yang melakukan perbaharuan pada teknologi konektifitas Bluetooth dengan digunakannya Bluetooth v.2.0. Sedangkan yang terbaru, Symbian mengeluarkan Symbian OS v9.3 (dirilis pada tanggal 12 Juli 2006) telah mengusung teknologi wifi 802.11 dan HSDPA sebagai bagian dari komponen standarnya.

ARSITEKTUR SISTEM OPERASI

SECARA UMUM ARSITEKTUR SYMBIAN OS SENDIRI DAPAT GAMBARKAN MENJADI EMPAT LAPISAN BERDASARKAN PENGGUNAAN API YANG TERSEDIA, YAITU :

LAPISAN PENDUKUNG APLIKASI (APPLICATION UTILITY LAYER)

LAPISAN INI TERDIRI DARI BERBAGAI PENDUKUNG YANG BERORIENTASI PADA APLIKASI. HAL INI MEMUNGKINKAN APLIKASI LAIN (DILUAR SISTEM OPERASI) UNTUK BERINTEGRASI DENGAN APLIKASI DASAR YANG TERSEDIA PADA SISTEM OPERASI. BENTUK LAYANAN LAIN TERMASUK PROSES PERTUKARAN DATA DAN MANAJEMEN DATA.

LAPISAN LAYANAN DAN FRAMEWORK ANTARMUKA GRAFIS (GUI FRAMEWORK)

LAPISAN INI MERUPAKAN FRAMEWORK API YANG TERSEDIA UNTUK MEMBERI DUKUNGAN TERHADAP PENANGANAN INPUT USER SECARA GRAFIS MAUPUN SUARA YANG DAPAT DIGUNAKAN OLEH APLIKASI LAIN.

LAPISAN KOMUNIKASI

LAPISAN INI BERFUNGSI SEBAGAI SISTEM OPERASI YANG FOKUS DIIMPLEMENTASI PADA PERALATAN KOMUNIKASI MOBILE, SYMBIAN OS MEMILIKI KUMPULAN API YANG FOKUS PADA LAPISAN KOMUNIKASI. BAGIAN TERATAS PADA LAPISAN INI TERDAPAT DUKUNGAN PENCARIAN DAN PENGIRIMAN PESAN TEKS. BERIKUTNYA ADALAH ANTARMUKA YANG MEMBERI DUKUNGAN KOMUNIKASI SEPERTI BLUETOOTH DANINFRARED (IRDA) SERTA USB. YANG TERAKHIR PADA LAPISAN INI ADALAH PROTOKOL KOMUNIKASI BERUPA TCP/IP, HTTP, WAP DAN LAYANAN TELEPON.

LAPISAN SISTEM API DASAR

LAPISAN INI MERUPAKAN KUMPULAN API YANG MENDUKUNG PENGASKSESAN DATA MEMORI, TANGGAL DAN WAKTU, SERTA SISTEM DASAR LAINNYA.

KLASIFIKASI SISTEM OPERASI

KLASIFIKASI INI BERDASAR FUNGSIONALITAS DAN HAK AKSES DARI API TERTENTU. TUJUAN DARI PENDEFINISIAN SISTEM INI SELAIN UNTUK MEMBEDAKAN API MANA SAJA YANG BISA DIAKSES OLEH APLIKASI YANG DIBUAT OLEH PIHAK PENGEMBANG APLIKASI, JUGA TETAP MEMELIHARA INTEGRASI DARI LAYANAN YANG DISEDIAKAN BAGI PIHAK PENGEMBANG APLIKASI DENGAN API YANG UMUM DIGUNAKAN. HAL INI JUGA DILAKUKAN UNTUK MEMAKSIMUMKAN INTEROPERABILITAS ANTARA BERBAGAI PRODUK YANG MENGGUNAKAN SYMBIAN OS.

TERDAPAT EMPAT KATEGORI DALAM KLASIFIKASI API YANG TERSEDIA, YAITU:

(API) Symbian Umum
Komponen ini merupakan komponen (API) inti dari Symbian OS. Setiap pengembang aplikasi dapat berasumsi bahwa komponen ini terdapat pada setiap versi Symbian OS sehingga dapat digunakan pada setiap perangkat telepon bergerak yang menggunakan Symbian OS sebagai sistem operasinya. Dengan kata lain setiap kode program yang hanya menggunakan API pada kategori ini dapat dikompail dan dijalankan tanpa kesalahan pada setiap telepon yang menggunakan Symbian OS. Dengan adanya lisensi kerjasama, pengembang aplikasi dapat menambahkan dengan syarat tidak mengganti ataupun mengubah fungsi API standar yang dikategorikan pada bagian ini.

(API) Symbian Umum Tergantikan
Komponen yang memerlukan kostumisasi dari komponen Symbian Umum yang diperlukan untuk bekerja dengan ROM dari sistem dimana ia diinstal. Komponen ini merupakan komponen yang bekerja pada low-level dari hardware tertentu. Untuk mendapatkan komponen ini pihak pengembang aplikasi memerlukan lisensi dengan pihak Symbian karena versi komponen ini disediakan oleh pihak Symbian. Namun pada dasarnya komponen ini merupakan komponen standar (umum) yang tersedia pada semua versi Symbian OS.

(API) Symbian Opsional
Komponen-komponen ini sifatnya opsional (tidak selalu ada) pada semua versi Symbian OS. Namun jika tersedia, maka pengembang aplikasi mendapat jaminan bahwa aplikasinya dapat menggunakan API pada kategori ini pada versi Symbian OS yang sama.

(API) Symbian Opsional Tergantikan
Bentuk kategori ini mirip dengan kategori Symbian Opsional adalah kumpulan API yang tidak terikat dengan API umum yang ada pada versi Symbian OS dan dapat ditambahkan oleh pihak pengembang dengan suatu lisensi dari pihak Symbian.

          Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar