Tips Mengatasi Insomnia (INFO)

- Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap malam (termasuk akhir pekan). Jaga agar secara rutin setiap malam sebelum tidur. Sikat gigi, mandi, berganti pakaian malam, mengucapkan selamat malam untuk keluarga Anda, matikan lampu dalam urutan yang sama setiap malam.
- Periksa ke dokter. Insomnia Anda bisa disebabkan oleh masalah medis atau ketidakseimbangan kimia.
- Mencari tahu penyebab potensial. Insomnia dianggap sebagai gejala dari suatu kondisi yang mendasar, yang mungkin atau mungkin tidak mudah untuk di identifikasi. Penyebab yang paling umum adalah ketegangan, kegelisahan dan depresi. Penyebab lainnya bisa nyeri, penyakit, obat-obatan, makanan dan gaya hidup faktor, faktor-faktor lingkungan, atau hanya kasur yang buruk. Mencoba untuk menemukan penyebab masalah tidur Anda adalah cara terbaik untuk menemukan obat.
- Hindari hal – hal berikut enam jam sebelum tidur:
  • Alkohol dapat membantu Anda bersantai dalam jangka pendek, tapi bagaimanapun penggunaan     secara berlebihan dapat menyebabkan insomnia dan bahkan sejumlah kecil alkohol akan mengganggu dan dapat menyebabkan tidur yang gelisah dan bangun lebih awal.
  • Kafein adalah sebuah stimulan yang ditemukan dalam banyak zat umum termasuk kopi, teh, minuman ringan, coklat dan banyak obat-obatan. Jelas setiap stimulan yang akan membuat tidur lebih susah. Dan anda mungkin akan terbangun cepat atau lebih sering.
  • Nikotin, paling sering ditemukan dalam produk-produk tembakau, adalah obat yang sangat kuat yang dapat bertindak baik sebagai stimulan atau depresan. Sebagai stimulan nikotin dapat sangat mengganggu pola tidur.
  • Hindari minuman yang mengandung ginseng, guarana, kola atau kacang, dan jahe.
- Berolahraga sekurang-kurangnya tiga puluh menit kadang-kadang pada siang hari. Berjalan sangat baik. Tapi jangan berolahraga dalam waktu tiga jam sebelum tidur.
- Cobalah untuk terkena sinar matahari secara langsung setidaknya satu jam setiap hari. Hal ini mungkin sulit dilakukan di musim dingin atau cuaca buruk, namun jumlah sinar matahari yang tepat dapat mengatur  siklus tidur anda.
- Cobalah tidur secara alami, tidak menggunakan obat tidur dan semacamnya
  • Obat bantuan: Campurkan dua tetes minyak esensial jahe ke dalam satu sendok teh minyak carrier (minyak biji anggur). Gosokkan pada kedua telapak kaki, mengenakan pakaian hangat, kaus kaki yang lembut dan naik ke tempat tidur.
  • Makanan tertentu memiliki efek menenangkan pada tubuh dan membantu untuk tidur secara sederhana. Susu misalnya, berisi melatonin, zat kimia yang diproduksi oleh tubuh untuk membantu tidur. Coba minum susu hangat sebelum tidur, dengan sedikit gula dan sejumput pala, jika Anda suka.
  • Minum teh tiga puluh menit sebelum tidur, terutama teh yang mengandung valerian root atau chamomile.
- Berlatih meditasi atau teknik relaksasi setidaknya dua puluh menit dua kali sehari.
- jaga agar suhu kamar tidur tetap sejuk
- Gunakan kamar tidur Anda bukan untuk tujuan lain selain santai. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa banyak orang secara tidak sadar menggunakan ruangan untuk bekerja jika mereka mengerjakan pekerjaan rumah.
- Jangan membuat diri anda emosional sebelum tidur dengan media yang tidak pantas seperti menonton film yang menakutkan, mendengar musik yang keras dll.
- Kenakan kaus kaki ke tempat tidur (Anda akan terkejut melihat betapa banyak hal kecil ini akan membantu Anda untuk tidur.)
- Ambil rasa kekhawatiran anda dan membuangnya sebelum tidur. Jika Anda percaya pada Tuhan, berikan masalah Anda kepadanya. Dia tahu bagaimana menyelesaikannya. Dia akan sepanjang malam.  Jadi anda tidak perlu khawatir. Jika anda tidak religius, gunakan teknik visualisasi untuk membayangkan diri membuang kekhawatiran Anda, satu per satu. (Jika Anda memiliki pekerjaan rumah yang belum selesai, selesaikan itu nanti)
- Sebelum bersiap-siap untuk tidur, katakan kepada diri sendiri betapa lelah Anda. Menggosok mata, hirup dalam-dalam dan perlahan-lahan, dan sengaja membuat diri Anda menguap berulang-ulang.
- Menghibur diri sendiri secara fisik dan emosional  menenangkan diri Anda dengan pikiran penuh kasih tentang apa yang berharga dan orang yang anda cintai; mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda sangat, sangat, sangat mengantuk dan segera Anda akan cepat tidur karena mimpi indah dalam hangat, tempat tidur nyaman.
- Jangan melihat jam
- Membuat tempat tidur Anda semakin hangat dan nyaman dengan menggunakan lembaran kain flanel dan bantal slip.
- Ketika berbaring , Anda mungkin akan lebih nyaman jika tulang belakang didukung dengan menggunakan dua bantal: satu di antara kaki Anda, yang lainnya di bawah lengan Anda untuk dipeluk. Dalam waktu singkat, mengatur bantal berguling setiap kali Anda akan menjadi kebiasaan.
- Letakkan vas bunga berbau harum di kamar tidur Anda.
- Menata ulang kamar tidur Anda sehingga tempat tidur Anda berada dalam posisi yang berbeda atau, jika mungkin, bertukar tempat tidur atau kamar tidur dengan orang lain. Perubahan pemandangan mungkin cukup untuk mematahkan siklus insomnia.
- Semprotkan parfum pada tubuh Anda atau pada bantal Anda. Pilih bau yang memiliki asosiasi positif bagi Anda. Sebuah parfum kuno seperti lavender, mawar atau lainnya mungkin akan mengingatkan Anda tentang ibu atau nenek Anda.
- Memanjakan diri Anda dalam cara-cara yang unik membawa Anda kesenangan seperti: memakai piyama mewah, membiarkan kucing tidur dengan anda dll.
- Percaya atau tidak, dalam banyak kasus, insomnia terus mungkin tentang semua yang ada di pikiran Anda.  Jika Anda khawatir bahwa Anda tidak akan bisa tidur, tidak akan tidur. Anda tidak dapat membuat diri Anda tidur. Hanya berbaring, merasa nyaman, tutup mata Anda, bernapas normal (atau ambil napas yang dalam dan perlahan sampai membuat Anda menguap) dan membiarkan pikiran Anda melayang jauh ke sesuatu yang sederhana seperti warna atau frase untuk meredam pikiran-pikiran yang mengganggu.
- Jika Anda tidak bisa tidur di tempat tidur, setelah tiga puluh untuk empat puluh lima menit, jika Anda masih terjaga, bangun dan minum sedikit air, dan melakukan sesuatu yang tidak membuat stres, atau hanya duduk di kursi. Hindari percakapan. Jika Anda mulai mengasosiasikan stres – stres bahkan tidak bisa tidur – dengan di tempat tidur Anda, Anda cenderung tidak bisa bersantai di sana.
- Jika Anda bangun di tengah malam (untuk ke kamar mandi) jangan takut untuk kembali ke tidur. Ini semua masalah sikap. Jika Anda bangun, jangan berkata, “Oh tidak, aku bangun lagi! Sebaliknya, hanya menerima” panggilan alam “dan menanggapinya dengan biasa, percayalah setelah dari kamar mandi, Anda akan nyaman lagi dan siap untuk tidur lagi. Jika masih gagal, disarankan untuk mengambil antihistamin (obat kantuk). Coba setengah dosis pada awalnya.
- Gunakan tekhnik hipnotis diri sendiri untuk membantu Anda kembali tidur dengan cepat setelah Anda telah terbangun. Untuk cara menghipnotis diri sendiri saya akan bahas di artikel lain.
-  Banyak orang berpendapat bahwa akupunktur bermanfaat untuk gangguan tidur. Bicarakan dengan ahli akupunktur untuk informasi lebih lanjut.
- Matikan TV dan komputer beberapa jam sebelum Anda pergi tidur dan jangan mencoba tertidur menonton TV. Cahaya dari perangkat elektronik ini merangsang otak dan menghambat kemampuan untuk tidur.
- Cari orang lain yang memiliki masalah yang sama. Cari tahu apa yang mereka lakukan untuk memecahkan masalah mereka.
-  Jika Anda bangun di tengah malam, makanlah jika kau lapar. Cobalah beberapa telur. Cobalah makan sarapan normal. Berat dari makanan dapat membuat Anda lelah, dan akan membantu anda tidur.
- Sebelum Anda pergi tidur, pasang bola lampu berwarna, seperti biru atau merah, lampu warna-warni mendorong relaksasi.

Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar