Mangga, Aplikasi Model BlackBerry Messenger (BBM) Ala Telkomsel (INFO)

Terispirasi oleh kesuksesan BlackBerry Internet Services (BIS), PT Telkomsel saat ini tengah mengembangkan aplikasi serupa yang dinamai Mangga. Aplikasi ini merupakan aplikasi chatting/messaging dan email yang dapat digunakan lintas platform. Sehingga nantinya tidak hanya dipakai pada satu merek ponsel, tapi bisa di berbagai merek ponsel.


Mangga yang bisa diunduh secara gratis tersebut nantinya tersedia untuk BlackBerry, Android, Nokia dan Nexian.
“Seiring dengan meningkatnya penggunaan data, aplikasi messaging yang affordable menjadi perhatian Telkomsel saat ini. Mangga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan itu, dan menjadi tren baru,” ujar Direktur Utama Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno dalam keterangannya akhir pekan lalu.
Mangga sendiri sebenarnya telah diperkenalkan Telkomsel sekitar empat bulan lalu. Namun berbeda dengan produk lain yang dipromosikan gencar, aplikasi ini seperti luput dari promosi. Sarwoto mengakui hal itu. “Belum saatnya. Mangga masih versi 1 lalu dikembangkan versi 2, kalau sudah versi 3 baru akan diperkenalkan secara luas kepada publik,” ungkapnya.
Dengan selesainya versi 3, Sarwoto mengklaim Mangga bakal memiliki kemampuan setara dengan Blackberry. Yaitu kemampuan messenger, push mail, browsing dan layanan messaging lain, termasuk akses ke jejaring sosial. Mangga yang bisa diunduh secara gratis tersebut nantinya tersedia untuk BlackBerry, Android, Nokia dan Nexian.
Ia membeberkan beberapa kelebihan Mangga yang salah satu diantaranya invite melalui kontak. “Seluruh kontak bisa diinvite sekaligus,” kata dia. Pada aplikasi ini, nomor telepon menjadi username. Oleh karena itu, tidak perlu memberitahu teman atau kolega mengenai username Mangga. Mereka otomatis sudah memilikinya. Mangga bahkan akan mencari di buku telepon untuk menemukan orang yang dikenal yang sudah menggunakan layanan ini.
Layanan yang dikembangkan antara lain instan chat, instant push email, pengiriman gambar dan video. Pengguna juga bisa mengirim dan menerima email langsung dari applikasi Mangga. Soal biaya layanan ini, lanjut Sarwoto sangat murah. Paket harian hanya dikutip Rp 2 ribu, mingguan Rp 10 ribu dan bulanan Rp 35 ribu. “Saat ini kami dalam tahap mengumpulkan respon, baik dari sisi layanan, billing dan sebagainya,” paparnya.
(Sumber)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar