IBU (renungan)



PERTAMA, SAYA MOHON ANDA MELUANGKAN WAKTU 5 MENIT UNTUK MEMBACA APA SAJA JASA YANG IBU ANDA TELAH BERIKAN KEPADA KITA

aku lahir dari perut ibu..
(bukan kata orang..memang betulkan?..)

bila dahaga, yang susukan aku....ibu
bila lapar,yang menyuapi aku....ibu
bila sendirian,yang selalu disamping aku....ibu
kata ibu, kata pertama yang aku sebut....ibu
bila bangun tidur, yang aku cari....ibu

bila nangis, orang yang pertama datang....ibu
bila ingin bermanja, aku dekati....ibu
bila ingin bersandar, aku duduk sebelah....ibu
bila sedih, yang dapat menghiburku hanyalah....ibu
bila nakal, yang memarahi aku....ibu

bila merajuk, yang membjukku cuma....ibu
bila melakukan kesalahan, yang paling cepat marah....ibu
bila takut, yang menenangkan aku...ibu
bila ingin peluk, yang suka aku peluk...ibu

aku selalu teringatkan ibu..

bila sedih,aku mesti telepon ibu..
bila senang,orang pertama aku beritahu ibu..
bila marah,aku suka meluapkannya pada ibu..
bila takut, aku selalu panggil "ibuuuuuu"
bila sakit, orang paling risau adalah ibu...

bila aku ingin bepergian, orang paling sibuk juga ibu..
bila buat masalah, yang lebih dulu memarahi aku ibu..
bila aku ada masalah, yang paling risau ibu..
yang masih peluk dan cium aku sampai saat ini ibu..
yang selalu masak makanan kesukaan aku ibu..

yang selalu menyimpan dan merapikan barang2ku ibu..
yang selalu memuji aku ibu..
yang selalu menasehati aku ibu..
bila ingin menikah, orang pertama aku datangi dan minta restu ibu..

aku ada pasangan hidup sendiri..

bila senang, aku cari...pasanganku
bila sedih, aku cari...ibu

bila mendapat keberhasilan, aku ceritakan pada...pasanganku
bila gagal, aku cerita pada...ibu

bila bahagia, aku peluk erat...pasanganku
bila berduka, aku peluk erat...ibu

bila ingin berlibur, aku bawa...pasanganku
bila sibuk, aku antar anak ke rumah...ibu

selalu..aku ingat pasanganku
selalu...aku ingat ibu


setiap saat aku telepon pasanganku..
entah kapan, aku telepon ibu..

selalu aku belikan hadiah untuk pasanganku
entah kapan aku ingin belikan untuk ibu..

renungkan:

"kalau kau sudah selesai belajar dan bekerja, masih ingatkah kau pada ibu?"


tidak banyak yang ibu inginkan, hanya dengan menyapa ibu cukuplah..
berderai air mata jika mendengarnya..

tapi kalau ibu sudah tiada..

IBUU..RINDU IBUU..RINDU SEKALII..

berapa banyak yang sanggup menyuapi ibunya..
berapabanyak yang sanggup mencuci muntah ibunya..

berapa banyak yang sanggup menggantikan alas tidur ibunya..
berapa banyak yang sanggup membersihkan najis ibunya..

berapa banyak yang sanggup berhenti kerja untuk menjaga ibunya..
dan akhir sekali berapa banyak yang mendoakan jenazah ibunya..

seorang anak menemui ibunya yang sedang sibuk menyediakan makan malam di dapur lalu menghulurkan selembar kertas yang bertuliskan sesuatu. si ibu segera mengusap tangannya dan menyambut kertas yang dihulurkan oleh si anak, lalu membacanya.

upah membantu ibu:

1. membantu pergi belaja rp 4000

2. membantu jaga adik rp 4000

3. membantu buang sampah rp 1000

4. membantu membereskan tempat tidur rp 2000

5. membantu siram bunga rp 3000

6. membantu sapu sampah rp 3000

jumlah rp 17000

selesai membaca, si ibu tersenyum memandang si anak, kemudian si ibu mengambil pensil dan menulis sesuatu di belakang kertas yg sama.

1. biaya mengandung selama 9 bulan-gratis

2. biaya tidak tidur karena menjagamu-gratis

3. biaya air mata yg menitik karenamu-gratis

4. biaya gelisah karena mengkhawatirkanmu-gratis

5. biaya menyediakan makan, minum, pakaian dan keperluanmu-gratis

6. biaya melindunginmu-gratis

jumlah keseluruhan nilai kasihku GRATIS

air mata si anak berlinang setelah membaca apa yang dituliskan oleh si ibu. si anak menatap wajah ibu, memeluknya dan berkata, "saya sayang ibu". kemudian si anak megambil pensil dan menulis "telah dibayar lunas" ditulisnya pada muka surat yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar