Tentang Intel atom Inside (INFO)

 


Keberadaan intel atom memang sudah sangat menjamur. Baik komputer netbook maupun dekstop sudah menggunakan prosesor intel atom ini. Bahkan netbook dari vendor terkenalpun sudah menggunakan prosesor intel atom, mulai dari Dell, Asus, IBM, Acer sampai dengan netbook merk lokal seperti Axio dan Zirex. Selain harganya yang relatif murah ternyata prosesor intel atom ini mempunyai berbagai macam kelebihan. Tetapi memang tidak bisa dipungkiri kelemahan juga banyak menempel di prosesor jenis intel atom ini. Dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing mengenai kelebihan dan kekurangan prosesor intel atom.

Intel® Atom™ Processor adalah prosessor terkecil yang dibuat dengan transistor terkecil didunia. Intel® Atom™ prosessor secara keseluruhan dibuat dengan desain baru, dibuat dengan konsumsi daya yang kecil, dan di desain secara spesifik untuk kebutuhan akan perangkat Mobile Internet dan mudah digunakan dengan biaya pembuatan yang relatif murah. Keinginan utama pembuatan Intel Atom adalah kebutuhan akan sebuah perangkat dengan desain baru, bentuk yang kecil namun memiliki kemampuan yang tinggi untuk menangani besarnya kebutuhan akan internet ujar Intel Executive Vice President Sean Maloney
Sebagai prosessor terkecil dan termurah, prosessor Intel® Atom™ mendukung penggunaan Mobile Internet Devices (MIDs) terbaru dengan sebuah kategori baru untuk perangkat internet yang dinamakan netbook dan nettop. Prosesor ini juga merupakan dasar untuk teknologi seluruh produk terbaru Intel seperti prosesor Intel® Centrino® Atom™.

Computer internet Prosessor ini dibuat dengan desian baru berdasarkan pada teknologi 45 nanometer (45nm) Prosesor Intel® Atom™ memiliki 47 juta transistor dalam sebuah chip dengan ukuran kurang dari 26mm², membuat prosessor ini sebagai prosesor Intel dengan ukuran terkecil dan kebutuhan daya listrik yang terkecil saat ini hingga membuat daya baterai menjadi lebih lama. Seluruh fitur tersebut membuat prosesor ini memiliki kemampuan dan power yang tinggi untuk kebutuhan ber-internet secara mobile anda.


Beberapa kelebihan prosesor Intel Atom adalah :

1.Harga sangat terjangkau, apalagi untuk versi dekstop sudah paketan dengan motherboardnya sekalian

2.Tidak bising, karena beberapa versi tidak menggunakan pendingin aktif seperti kipas, tetapi hanya menggunakan heatsink saja

3.Menggunakan perangkat baru untuk lebih mengefisienkan daya dengan performa yang baik sekali yang digunakan oelh seluruh teknologi baterai hafnium-infused 45nm high-k silicon yang baru

4.Kenaikan efisiensi daya dalam desain baru yang lebih kecil sehingga daya yang digunakan kurang dari 1W hingga 2.5 watts untuk penggunaan perangkat mobile.

5.Memperpanjang umur baterai ketika waktu idle sehingga membuat daya yang digunakan relatif sangat kecil yang membuat perangkat tetap memiliki daya dan juga akan mengawetkan energi

Secara keseluruhan berdasar pada microarsitektur yang baru, prosesor Intel® Atom™ dibuat secara spesifik untuk sasaran performa dan penggunaan daya yang kecil (low power) ketika menggunakan seluruh microarsitektur instruction set compatibility dari Intel® Core™. Intel® Atom™ processor juga mendukung berbagai thread untuk performa dan peningkatan sistem yang lebih baik.


Kelemahan :

1.Jika terjadi kerusakan akan membutuhkan biaya yang relatif mahal, karena prosesor dan motherboard terdapat dalam 1 paket. (rusak 1 harus ganti keduanya)

2.kinerja rendah

3.tidak multicore Kekurangan

4.hanya cocok digunakan untuk kalangan terbatas saja (tidak untuk gamer, design grafis, video editing, dll)
Sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar