Musik Digital Penyelamat Industri Musik? (INFO)

Beragam pilihan jenis musik yang bisa kau pilih dan nikmati untuk menemani hari-harimu diberbagai kegiatan. Yakinlah, setiap orang pasti punya selera musik.
Industri musik sudah ada dari dulu dan beragam jenis yang ditawarkannya dan ada banyak media yang bisa digunakan untuk kita menikmati musik. Sejak aku lahir, media untuk menikmati musik pada zaman itu adalah kaset biasa atau yang biasa kusebut kaset tape . Aku belum pernah mendengar langsung suara musik yang keluar dari sebuah PH (Piringan Hitam), maklum karena aku terlahir di akhir tahun 80’an. Kini pilihan musik pun sudah beralih ke musik digital, apa sisi positif dan negative dari lahirnya maraknya musik digital?

Inovasi baru di bidang musik adalah musik digital. Dengan berbagai format seperti MP3, OOG, atau WAV musik digital mulai mengeluarkan pengaruhnya terhadap industri musik. Saat ini ada banyak pemutar musik digital yang mendukung format di atas membuat era baru musik digital. (wikipedia)


Musik digital inovasi baru dunia musik
Aku sering mendengar lagu-lagu yang sudah diciptakan sebelum aku lahir, disaat aku tertarik dengan lagu-lagu itu dimana aku harus mencarinya? Aku lebih memilih untuk men-download-nya di internet dari pada harus mencari ke toko kaset. Ilegalkah itu? Menurutku itu bukanlah sesuatu yang ilegal kalau  hanya untuk konsumsi pribadi.
RBT (Ring Back Tone) adalah salah satu bentuk musik digital yang sangat menyelamatkan industri musik khususnya musik Indonesia. Kian maraknya pembajakan hak cipta yang terjadi membuat industri musik seolah mati, karya-karya hebat dari para musisi hanya dihargai Rp. 7000/keping. Sejak RBT masuk di Indonesia, perlahan karya-karya para musisi mulai kembali stabil, dan jelas ada keuntungan yang didapat oleh musisi. Berbanding terbalik dengan CD bajakan yang tak ada untungnya sedikitpun untuk musisi yang sudah berkarya.
Aku sendiri bukanlah orang yang hobi membeli kaset/CD bajakan, terhitung semua kumpulan kaset-kaset yang kupunya semuanya original. Aku lebih memilih untuk download di internet dari pada membeli bajakan untuk lagu-lagu yang susah didapatkan atau karena aku menyukai 1 lagu saja dari band/penyanyi tertentu. Yah, meskipun untuk menggandakan sebuah kepingan CD tidaklah sulit, bukan berarti itu aku manfaatkan untuk mencetak ilegal. Semua yang ku-download cuma koleksi pribadi.
Mahalnya harga sebuah kaset/CD original lah yang membuat kian pesatnya pembajakan ini. Lantas adakah solusi untuk menghapus itu atau minimal menguranginya? Harapan semua insan musik pasti ingin mengahapus semua itu.

Keunggulan musik digital

Musik dalam format digital memiliki beberapa keunggulan dibanding musik dalam medium konvensional, yaitu :
  • format yang beragam dapat disesuaikan dengan teknologi yang digunakan
  • kualitas copy yang serupa dengan master memudahkan penggandaan dari pihak perusahaan rekaman tanpa menurunkan mutu
  • proses penjualan dengan pendekatan singleatau satu lagu terbukti jauh lebih efektif dan efisien ketimbang medium konvensional seperti kaset atau CD.
  • berguna bagi musisi lokal untuk mempromosikan karya mereka agar bisa bersaing dengan musisi skala nasional.
musisi lokal

kekurangan musik digital

Dengan segala kelebihannya, musik digital memiliki beberapa kekurangan juga yaitu :
  • kemudahan perekaman dan penggandaan rekaman memacu terjadinya pembajakan yang tentu saja akan merugikan
  • penyebaran musik digital di Internet tidak bisa sepenuhnya dikontrol oleh label sehingga memengaruhi pemasukan untuk label.
Mana yang lebih kalian pilih, musik digital original atau kalian mendukung pembajakan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar