OpenVPN, Solusi Praktis Remote Office (INFO)

















Di tengah situasi lalu lintas ibukota yang selalu macet, pernahkah terbayang di benak Anda untuk melakukan semua tugas kantor dari rumah secara nyaman?

Tanpa harus bangun pagi lalu terburu-buru mengejar jadwal kereta, bus, atau duduk lama di belakang kemudi, kita bisa tetap terhubung dengan jaringan komputer kantor. Semuanya dilakukan di kenyamanan rumah sendiri.

Konsep bekerja dari rumah atau tempat lain selain kantor (remote office) bukanlah isapan jempol atau fiksi ilmiah semata. Jika Anda kerap mengunjungi aneka situs Web di belantara Internet, semua konsep remote office ini sudah ada semenjak beberapa tahun sebelumnya. Aneka layanan ini sudah tersedia dan siap dipakai, mulai dari layanan yang bersifat gratis sampai berbayar.

Nah, salah satu solusi praktis remote office semacam ini adalah OpenVPN. Sebagaimana tercermin dalam namanya, OpenVPN merupakan sebuah solusi jaringan privat virtual (virtual private network/VPN).

Dengan VPN dimungkinkan diaksesnya jaringan lokal perusahaan dari mana saja via Internet. Akses ke jaringan lokal via Internet ini akan bisa dilakukan layaknya komputer kita terhubung langsung ke jaringan lokal ini. Dengan demikian, dari rumah, kita tetap bisa mengakses komputer server perusahaan, mengakses server Web internal perusahaan, atau banyak lagi layaknya kita berada di LAN. Ini tentu akan menghemat waktu dan tenaga karena kita bisa tetap bekerja walaupun secara fisik tidak berada di kantor.

OpenVPN sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang tersedia untuk beberapa sistem operasi utama, seperti Windows dan Linux. Perangkat lunak ini dirilis oleh OpenVPN Technologies, sebuah perusahaan TI yang bermarkas di Pleasanton, California. AS. Situs Web perusahaan ini menyatakan bahwa sejauh ini OpenVPN telah diunduh oleh 5 juta pengguna dan dikunjungi oleh 500 ribu pengunjung setiap harinya. OpenVPN juga menyabet gelar "Best SSL VPN” di tahun 2007 dalam gelaran 2007 Best of Open Software Awards yang diselenggarakan InfoWorld.

Berdasarkan eksperimen yang dilakukan oleh InfoKomputer, solusi OpenVPN relatif mudah dikonfigurasi dibandingkan solusi VPN lain (seperti IPSec). OpenVPN juga lebih sederhana karena hanya menggunakan satu buah port agar bisa diakses (jika server OpenVPN dipasang di belakang firewall). Selain itu, karena gratis, perangkat lunak ini bisa dipasang tanpa harus dibeli. Anda juga bisa memilih apakah akan memasang OpenVPN pada server Linux atau Windows. Tidak menjadi masalah apakah Anda akan mengakses OpenVPN dari komputer Windows atau Linux (atau bahkan Mac), koneksi ke server VPN akan tetap bisa dilakukan.

Penasaran ingin mencicipi OpenVPN? Silakan kunjungi alamat http://openvpn.net/ untuk mengunduh dan mendapatkan petunjuk pemasangan.

Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar