Buat yg belum tau Labi-Labi (INFO)

Labi-labi hutan (Dogania subplana) adalah sejenis kura-kura anggota suku Trionychidae. Umum juga mengenalnya sebagai bulus, karena bentuk tubuh keduanya memang bermiripan. Dalam bahasa Inggris disebut sebagai Forest Soft-shelled Turtle atau Malayan Soft-shelled Turtle, merujuk pada tempurungnya yang terlapis kulit lunak.

 


Labi-labi yang berukuran sedang, jarang besar, paling-paling hanya sekitar 250-400 mm. Perisai berbentuk jorong atau memanjang, pipih datar. Warna punggungnya abu-abu kehitaman, kecoklatan atau kemerahan; dengan pola atau bintik-bintik halus. Sebuah garis lebar coklat tua terdapat di wilayah vertebral, memanjang dari depan ke belakang. Kadang-kadang terdapat empat bercak yang tersusun berpasangan di tengah punggung.

Ekologi dan penyebaran
Umumnya ditemukan di sungai-sungai kecil dengan naungan, terutama di dalam hutan. Hewan ini biasanya bersifat nokturnal, di siang hari lebih banyak bersembunyi dalam lumpur.

Labi-labi hutan menyebar luas mulai dari Burma, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Indonesia (Sumatra, Singkep, Natuna, Kalimantan, dan Jawa). IUCN mendaftarnya ke dalam spesies berisiko rendah (LR, lower risk).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar